Wednesday, May 22, 2013

Tips merawat burung ocehan


Diantara jutaan kicaumania di indonesia, tentu ada yang pingin memelihara kenari namun belum kesampaian juga. pemicunya bermacam, di antaranya jadi belum mempunyai bekal tentang bagaimana perawatan burung mungil nan cantik tersebut.

Berikut ini 10 panduan perawatan burung kenari :

1. Jauhi hembusan angin kencang / langsung
Saat menggantung sangkar kenari, apakah didalam ruangan ataupun di luar ruangan, upayakan lokasinya tidak terkena embusan angin dengan segera. contohnya di dekat atau depan jendela, lubang hawa, kipas angin, atau pendingin ruangan.
Perihal sederhana inilah yang sering diabaikan sebanyak pemula waktu menjaga kenari. untuk tahu apakah ruangan tersebut terbebas dari embusan angin dengan segera, atau embusan angin kencang, anda dapat menyimpan lilin di depan sangkar. cermati bila api lilin bergerak-gerak liar, itu berarti anda mesti memindahkan sangkar ke area yang aman. membiarkan kenari di ruangan yang memperoleh embusan angin kencang dapat bikin burung rawan pada beragam penyakit.

2. Jauhi cahaya matahari langsung
Kenari anakan f1 holland kali af fusanterkena cahaya matahari segera, terutama waktu cuaca terik, dapat menyebabkan fatal, apalagi bisa mengakibatkan kematian akibat serangan heat stroke. sebaliknya, pola penjemuran pada saat yang pas bisa berikan banyak faedah untuk burung anda.
Contohnya, bila pingin menjemur burung, waktu yang dianjurkan yaitu pagi waktu matahari terbit serta sore hari waktu matahari dapat terbenam. penjemuran pada siang hari dapat ditolerir, selama anda mesti senantiasa memantau situasi burung. jika mulai tampak terengah-engah, segera angkat serta dinginkan burung, atau dapat juga menutup sebagaian atap sangkar dengan kain supaya burung memperoleh naungan cukup.

3. Ketersediaan air bersih
Inilah yang perlu jadi perhatian anda setiap saat, kenari mempunyai metabolisme yang tinggi serta tidak dapat hidup tanpa air sepanjang kian lebih 24 jam. berikanlah air bersih serta fresh tiap-tiap harinya, janganlah berikanlah air segera dari keran / ledeng yang memiliki kandungan banyak kaporit. sebagian pengagum kenari saat ini lebih suka berikan air kemasan bermerek atau isi lagi, supaya kenari senantiasa tampak lebih fresh serta sehat.

4. Ketersedian pakan bijian
Pakan utama kenari memanglah biji-bijian, cocok dengan wujud paruhnya. oleh karena itu pakan bijian mesti senantiasa disiapkan didalam jumlah cukup tiap-tiap harinya. pakan bijian yang bagus untuk kenari contohnya canary seed, millet serta niger seed, serta tambah baik bila adalah gabungan / campuran dari ketiganya.

5. Pemberian pakan tambahan
Untuk menambah keragaman menu, sekalian melindungi keseimbangan nutrisi, sesekali burung kenari juga butuh memperoleh pakan tambahan. contohnya egg food yang kaya dapat protein, serta amat diperlukan untuk kenari didalam periode perkembangan serta reproduksi. tentang apa, bagaimana, serta langkah bikin egg food, silahkan buka artikelnya disini. janganlah lupa berikanlah juga sayuran hijau ( contohnya selada, wortel, brokoli ) serta buah-buahan ( contohnya apel ).

6. Pemberian mulivitamin serta suplemen
Saat anda berikan pakan dimulai dari biji-bijian, egg food, sayuran, serta buah-buahan, sesungguhnya ada kandungan sebagian vit. mutlak didalamnya. namun kadang-kadang kita, sebagai awam, tidak barangkali dapat mengukur berapakah kandungan tiap-tiap type vit. yang telah masuk ke organ pencernaan burung. apalagi kita tidak dapat meyakinkan apakah type vit. spesifik terdapat didalam pakan yang didapatkan.

Problem vit. tidak sama dari daya metabolisme, protein, lemak, atau serat kasar, yang bisa diprediksi dari formula ransum yang didapatkan menurut beberapa jenis pakan yang didapatkan, layaknya canary seed, millet, niger seed, selada, wortel, sampai apel. dengan model penyusunan ransum layaknya biasa dikerjakan peternak ayam, kita dapat mengkalkulasi berapakah daya metabolisme, kandungan protein, lemak, serta serat kasar yang dikonsumsi kenari.

Vit. tidak layaknya itu, hingga peternak atau penangkar burung, ayam, serta itik, biasanya beroleh kepastian kecukupan vit. melewati pemberian multivitamin atau suplemen spesial yang memiliki kandungan multivitamin. bila pada ayam / itik dikenal produk-produk layaknya premix, maka kecukupan vit. pada burung dapat didapatkan melewati, contohnya, birdvit.

Keunikan lain dari vit. yaitu bila kekurangan alami defisiensi, atau masalah kesehatan akibat kekurangan type vit. spesifik. contohnya, saat burung beroleh konsumsi vit. a, serta c, namun tidak beroleh kecukupan vit. b serta d, maka burung dapat alami defisiensi vit. a serta c, dengan tanda-tanda klinis cocok dengan masalah tersebut ( contohnya penglihatan terganggu serta situasi tubuh senantiasa loyo ).

Namun saat burung alami berlebihan vit., maka berlebihan itu tak lagi disimpan didalam tubuh sebagaimana karbohidrat, lemak, serta protein, namun segera digelontorkan berbarengan urine serta feces keluar dari kloakanya. dikarenakan itu, yakinkan kecukupan vit. melewati pemakaian birdvit dengan teratur, dengan anggapan bila kekurangan beresiko namun bila berlebihan tidak beresiko negatif pada burung. 

 7. Pemberian mineral didalam jumlah cukup
Sama layaknya vit., mineral juga terdiri atas beberapa puluh type, dimulai dari zat besi ( ferum ), seng ( zincum ), kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan seterusnya. saat kekurangan di antara type saja, maka burung dapat alami defisiensi mineral cocok dengan macamnya. bila kekurangan dua type mineral, burung lalu dapat alami defisiensi mineral pada dua type tersebut. demikianlah selanjutnya.

Oleh karena itu, mineral mutlak diperlukan burung, walau jumlahnya tambah lebih sedikit dari pada nutrisi layaknya protein, lemak, serat kasar, serta daya metabolisme / karbohidrat. beberapa kicaumania menggunakan tulang sotong sebagai konsumsi mineral.

Namun sebagian analis mengungkap, tulang sotong terlampau banyak memiliki kandungan natrium chlorida ( nacl ) atau garam, hingga butuh dipertimbangkan pengaruhnya pada pembuluh darah. disamping itu, rasa asin yang terlalu berlebih bikin burung tidak dapat terus-terusan mengonsumsi tulang sotong, sesaat dia tetap memerlukan sebagian mineral lain yang terdapat didalam tulang sotong.

Oleh karena itu, beberapa kicaumania mulai berpindah ke product multimineral yang banyak dijual di toko burung atau kios burung, terhitung birdmineral yang mempunyai kandungan multimineral lengkap. namun, seluruhnya terserah pada ketentuan anda sendiri, apakah pingin menggunakan tulang sotong atau product instan yang lebih higienis serta efisien.

8. Jaga kebersihan kandang
Kebersihan kandang juga adalah syarat mutlak saat menciptakan situasi burung kenari yang senantiasa sehat. upayakan kotoran burung dapat disingkirkan tiap-tiap hari. wadah pakan serta air minum juga mesti teratur dibersihkan.

Bersihkan juga tenggeran burung sekurang-kurangnya 1 minggu sekali, dikarenakan tenggeran adalah area berdasar kaki burung, yang tentu bersinggungan dengan kotoran ( feces ) serta sisa pakan. di segi lain, burung lalu sering mengusapkan paruhnya ke tenggeran.

9. Waspada kehadiran kutu atau tungau
Waspada dengan sebagian type parasit, dikarenakan mereka berbentuk membunuh dengan pelan-pelan, baik dari didalam tubuh ( cacing serta tungau kantung hawa ) ataupun dari luar tubuh ( tungau merah ). ada juga tungau kaki yang menyerang sisi kaki. walau jarang menyebabkan kematian, tungau kaki pada kenari juga dapat bikin burung jadi cacat.

Untuk menghindar ataupun menyembuhkan parasit dari luar, anda dapat menggunakan product terpercaya layaknya freshaves. spesial penyembuhan cacing yang terlanjur menyerang kenari, silahkan buka halaman ini. adapun untuk mengusir tungau kantung hawa, yang masuk ke saluran pernafasan burung, serta kerap mengakibatkan burung macet bunyi, silahkan klik halaman birdfresh, terlebih gambaran serta langkah pemakaiannya.

10. menggunting kuku yang panjang
Jika kenari telah berumur 1 tahun, kuku-kukunya telah tumbuh cukup panjang. untuk anda yang kelak pingin jadi penangkar, maka sebelum saat dijodohkan, upayakan kuku-kuku kenari jantan yang telah panjang dipotong terutama dulu. bila tidak, maka kuku panjang dapat menyakiti betina waktu keduanya kawin. perihal tehnis pemotongan kuku yang aman serta tidak berisiko 

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo