Monday, May 13, 2013

Pemeliharaan burung cendet yang ngedrop


Pemberian Full Extrafooding Plus Multivitamin.
Burung cendet yang ngedrop harus dijauhkan dari burung yang sejenis maupun burung jenis lain (diasingkan), karena burung yang drop perlu ketenangan. Jadi memang perlu waktu untuk memulihkan mentalnya agar dapat pulih kembali. Disamping itu juga diperlukan perawatan rutin seperti :

Full Extrafooding Plus Multivitamin
Dalam masa pengasingan, cendet yang ngedrop menu pakannya harus full extra fooding seperti kroto, jangkrik, juga bila perlu ulat hongkong dalam porsi lebih banyak dari biasanya. Itu dilakukan agar stamina cepat kembali pulih. Disamping itu kebersihan sangkar dan pakan harus dijaga, pakan voor dan minuman tiap hari harus diganti. Pemberian multivitamin juga harus diberikan agar stamina burung cepat kembali pulih dan mau bekerja lagi.

Tanpa Mandi dan Jemur
Pada saat pemulihan stamina burung yang ngedrop, kebiasaan mandi dan jemur yang sehari-hari dilakukan juga harus distop sementara sampai kondisi benar-benar fit.

Full Krodong
Burung yang ngedrop harus selalu full krodong, krodong hanya dibuka saat memberi pakan, minum dan saat sangkar dibersihkan. Itu dilakukan agar istirahat burung lebih tenang.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo