Tuesday, May 14, 2013

Cara membedakan gelatik jawa jantan dan betina


Membedakan gelatik betina dan jantan untuk burung gelatik jawa. Burung ini memang sulit dibedakan bentuk tubuhnya makanya banyak pemula yang bingung dalam menentukan jantan dan betinanya. Tetapi tenang saja akan saya berikan petunjuk cara membedakan gelatik jawa jantan dan betina beserta gambarnya.

Intinya begini, dalam upaya membadakan jenis kelamin cukup perhatikan Suaranya, Warna paruh, dan Lingkar mata. Kita mulai dari warna paruh dahulu, lihatlah warna paruhnya dari atas atau samping dan bandingkan warnanya, yang gelatik  jantan pasti lebih terlihat menyala dibandingkan yang betina warnanya agak pudar. Lalu pada bagian lingkar mata terlihat burung jantan mempunyai lingkar mata warna merah lebih tebal, dan yang terakhir  suara gelatik jawa jantan lebih bervariasi dibanding betina.
Cara membedakan Gelatik Jawa jantan dan Betina
Tapi jangan kaget yah bila melihat jenis berung gelatik yang notabenenya asli jawa kok ada di seluruh dunia dengan warna yang beragam karena mengalami mutasi berdasarkan lingkungan disana. Kita cek pada gambar berikut ini bagaimanakah warna varian mutasi gelatik jawa.
Mutasi warna gelatik jawa

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo