Wednesday, May 22, 2013

Beternak burung gelatik silver


Burung glatik silver merupakan hasil persilangan diantara keluarga burung gelatik, cukup mempesona, dikarenakan membuahkan burung hybrida yang cukup unggul dibanding dengan galur aslinya. begitupula harga nya, nyatanya meraih jutaan sepasang. walau sebenarnya bila burung gelatik jawa, cuma belasan ribu per ekornya. pemeliharaannya gampang, pasarnya gampang, fisiknya juga indah. 

Gelatik silver atau silver java mempunyai dua jenis variasi warna, yakni light silver java serta dark silver java. light silver java ( sex linked gene ) berlangsung dikarenakan mutasi yang berkenaan dengan gen. warna abu-abunya condong pudar atau mendekati warna putih. sesaat dark silver java ( recesif gene ) berlangsung dikarenakan mutasi akibat factor resesif dalam gen. warna abu-abu yang berupa jadi lebih gelap serta jelas. 
tak hanya ke-2 jenis variasi warna yang telah dikenal luas tersebut, nyatanya tetap ada dua type mutasi warna yang baru saja dikenal, yakni silver red serta silver yellow. 

Silver red merupakan mutasi baru dari gelatik silver. bulu di bagian dadanya berwarna kemerah-merahan. type ini relatif tetap baru. pengagum burung di indonesia lalu ada banyak yang belum mengenalnya. 
silver yellow juga merupakan mutasi baru dari gelatik silver. bulu di bagian dadanya berwarna kekuning-kuningan. sama halnya dengan silver red, type silver yellow ini lalu tetap tergolong baru. di indonesia lalu belum beberapa orang yang mengenalnya. silver yellow banyak ada di rusia. 

1. Penamaan gelatik silver 
Hingga saat ini gelatik silver belum mempunyai nama ilmiah tersendiri. gelatik silver tetap memakai nama ilmiah loncura orysivora atau padda orysivora. nama genus padda datang dari kata paddy yang disebut di antara metode untuk pengembangan kultivar tanaman padi. sesaat nama spesies orysivora datang dari kata oryza, yakni nama genus dari tanaman padi ( oryza sativa ). hingga penamaan ini bisa bermakna sebagai burung pemakan tanaman padi atau bulir padi. dalam bahasa inggris dimaksud dengan nama silver java. penamaannya berdasar pada warna hasil mutasi dari gelatik jawa. warnanya abu-abu muda mendekati putih atau warna perak hingga dapat dimaksud juga dengan berwarna silver ( di ambil dari bahasa inggris ). 

2. Deskripsi 
Gelatik silver terhitung di antara gelatik yang nampak dikarenakan ada mutasi warna yang berlangsung dalam penangkaran gelatik jawa di luar negeri. sama halnya dengan type gelatik yang lain, daya tarik gelatik silver juga terdapat pada warna bulunya yang indah. untuk mengenalnya lebih jauh baiknya tahu lebih dahulu tanda-tanda burung gelatik silver ini. 

Sisi atas paruh sampai kepala sisi belakang berwarna abu-abu kehitaman. warna abu-abu di bagian ini tampak sangat gelap ( abu-abu tua ). bulu dibagian samping kepala atau sisi pipi berwarna putih. sisi dagu, dada, punggung, sampai ekor sisi atas berwarna abu-abu muda. perut sampai sisi kloaka dan ekor sisi bawah berwarna putih. sayap berwarna abu-abu muda, berangsur-angsur ke arah ujung memudar keputih-putihan. mata berwarna hitam bening dengan lingkaran mata berwarna merah terang. paruh berwarna merah cerah dengan sisi pinggir berwarna putih kekuningan. kaki berwarna merah muda dengan ruas-ruas yang berwarna putih. warna merah di bagian kaki lebih pucat dibanding dengan warna pada paruh. kuku berwarna putih kekuningan seirama dengan warna sisi pinggir paruh. 

Panjang tubuh gelatik silver dari kepala sampai ekor lebih kurang 12–15 cm. ukuran panjang ini bergantung pada lingkungan serta baik atau tidaknya pakan yang didapatkan pada gelatik tersebut. bila lingkungannya beri dukungan dan gelatik mendapatkan pakan yang baik, maka burung ini dapat tumbuh dengan prima serta mempunyai ukuran panjang tubuh yang maksimal.

3. Trend warna 
Orang indonesia condong mempunyai trend tersendiri saat memelihara type burung. trend tersebut bisa dilihat dari warna ataupun dari nada. tahun 2000 orang lebih suka trend warna perak. warna tersebut dikira warna milenium. pengemar burung hias lalu suka trend warna perak tersebut. oleh oleh karena itu, banyak pengagum burung yang mulai melirik gelatik silver yang mempunyai warna perak atau abu-abu muda ini untuk dipelihara. 

Tak hanya trend warna, gelatik silver diakui memiliki berlebihan, yakni dikira sebagai burung pembawa keberuntungan. memelihara gelatik silver, diinginkan keberuntungan pemiliknya tidak hilang apalagi barangkali jadi tambah. dalam perihal ini memelihara gelatik sil ver dikira sama halnya memelihara ikan arwana yang diakui juga sebagai pembawa keberuntungan. bila tidak mempunyai arwana maka baiknya memelihara gelatik silver. demikian umumnya pendapat sebagian pemilik gelatik silver. 
 Menyiapkan calon induk 

Untuk mengawali penangkaran, ada banyak hal yang perlu disiapkan dengan benar. di antaranya yaitu penentuan calon induk. supaya penangkaran bisa sukses dengan baik, maka penentuan induk sebagai f1 mesti juga yang betul-betul terbaik. dalam memastikan induk tersebut knowledge base perihal type kelamin, perilaku, serta umur burung dapat amat bertindak. bila bisa mendapatkan indukan yang bagus pastinya usaha penangkaran bisa jalan dengan optimal. 

Indukan yang baik pastinya datang dari burung yang baik juga. biasanya burung yang baik tersebut bisa didapatkan dari penangkar yang telah sukses. mesti diketahui juga bahwa kesuburan, warna, serta perihal yang lain yang berbentuk genetis diturunkan dari induk ke anaknya hingga dari induk yang baik akan didapatkan anakan yang baik juga. dari induk layaknya ini kita telah mendapatkan 50% kesuksesan. sisanya bergantung bagaimana langkah kita merawatnya. di bawah ini dapat diterangkan perihal yang butuh di perhatikan supaya penentuan induk yang kita kerjakan dapat pas. 

Mendapatkan calon induk

Gelatik silver yaitu burung hasil mutasi dari penangkaran gelatik jawa yang ada di luar negeri. oleh dikarenakan itu, untuk mendapatkan calon induk dari alam jelaslah satu perihal yang tidak mungkin. apabila ada, kemungkinan besar yaitu gelatik silver yang terbang dari sangkar atau kandangnya. 

Untuk mendapatkan calon induk bisa membelinya di penangkar serta pasar burung. dari dua area ini tiap-tiap mempunyai keuntungan serta kekurangan tersendiri. bergantung dapat menentukan yang mana serta siap dengan risiko yang dapat di terima. 

1. Didapat dari pasar burung 
Mendapatkan gelatik silver di pasar burung terbilang tetap relatif sulit. bila mujur bisa didapatkan gelatik silver yang tetap berproduktif. umumnya gelatik silver dijual sepasang dikarenakan biasanya dibeli sebagai burung hias serta dapat dibiakkan lagi. tetapi, adakalanya dapat dibeli seekor saja bila konsumen pingin memeliharanya untuk sebatas kesenangan. pada prinsipnya gelatik silver sendiri tergolong ke dalam burung penyanyi, hingga bisa dilatih untuk jadikan sebagai burung kicauan.

Calon induk gelatik silver dapat diperoleh di pasar burung. cuma saja mesti lebih cermat saat memilih supaya mendapatkan gelatik silver yang baik serta tidak cacat. upayakan untuk beroleh gelatik silver yang mempunyai ring. dari ring tersebut bisa diketahui dari tempat mana asal induk burung gelatik silver tersebut. disamping itu, juga bisa diketahui umurnya hingga bisa diperkirakan periode produktifnya. di samping itu, untuk beli sepasang gelatik silver di pasar burung bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah. karena, jumlah pasangan gelatik silver yang disiapkan untuk penangkaran dapat semakin banyak. dengan jumlah yang banyak peluang untuk meraih keberhasilan saat menangkarkan gelatik silver lalu dapat jadi jadi tambah besar. 

Tak hanya keuntungan yang bisa didapatkan, beli pasangan calon induk di pasar burung juga mempunyai kerugian. kualitas dari gelatik silver tersebut belum terjamin. oleh dikarenakan, burung yang dijual ke pasar umumnya telah merupakan hasil sortiran dari penangkaran hingga tidak produktif lagi. bisa juga pasangan yang dijual tersebut tetap seusia atau apalagi tetap sedarah, datang dari induk yang sama. untuk mengetahuinya bisa dilihat dari ring, bila gelatik silver yang dijual tersebut mempunyai ring. 

Bila mendapatkan pasangan yang tetap sedarah maka kemungkinan besar dapat beroleh anakan yang mempunyai kualitas alami penurunan dibanding dengan induknya. apalagi, barangkali dapat didapatkan anakan yang cacat. pasangan yang usianya sama di kuatirkan tidak berlangsung perkawinan. oleh dikarenakan, mungkin saja pejantannya takut. biasanya yang sangat baik, umur induk betina lebih muda hingga pejantan tidak takut serta akan kawin. tetapi, pada pasangan yang seumur barangkali berlangsung perkawinan, namun umumnya telurnya tidak “isi” dikarenakan tidak berlangsung pembuahan. 

Penangkar biasanya memilah-milah burung yang dihasilkan dari tangkarannya. yang mempunyai situasi baik, sehat, serta tidak cacat fisiknya dapat dipisahkan dan jadikan sebagai induk baru. bila jumlahnya banyak, beberapa burung-burung tersebut baru dapat dijual. type yang sehat serta baik ini umumnya bisa segera dibeli di penangkaran tersebut. sesaat sisanya ( yang kurang demikian baik situasinya atau hasil sortiran ) dapat dilepaskan ke pasaran. lantas, dari segi kualitas, burung yang dijual di pasar biasanya lebih rendah kualitasnya dari pada yang segera dijual di penangkaran. 

2. Didapat dari penangkaran 
Keuntungan bila beli induk gelatik silver di penangkaran, umur burung bisa diketahui dengan pas ( lihat ring yang terpasang ). oleh dikarenakan, biasanya burung gelatik silver dari hasil penangkaran mempunyai ring yang tunjukkan kapan kelahirannya serta siapa induknya. dari ring tersebut bisa diketahui umur gelatik silver waktu dapat dibeli. 

Disamping itu, biasanya umur gelatik silver yang ada juga berbeda, contohnya selisih satu sampai dua bln.. ada rentang perbedaan umur ini dikarenakan penangkaran mempunyai banyak indukan. tiap-tiap induk mempunyai perbedaan dalam periode kawinnya hingga anakan yang dilahirkan juga berbeda waktunya. oleh oleh karena itu, baiknya pastikan induk jantan yang mempunyai umur lebih tua dibanding dengan betinanya. 

Di samping itu, beli gelatik silver di penangkaran juga berikan keuntungan dalam perihal membedakan type kelaminnya. kepercayaan bahwa burung yang didapatkan yaitu sepasang gelatik silver jantan serta betina dapat semakin besar di banding beli di pasar burung. perihal ini umumnya dijamin oleh penangkar hingga peluang saat menangkarkan kedepannya dapat lebih sukses. bila mujur barangkali beroleh sepasang gelatik silver yang telah terbentuk waktu mereka ada dalam kandang umbaran. gelatik silver tersebut telah menentukan sendiri pasangannya hingga tak perlu dijodohkan lagi. 

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo