Tuesday, April 16, 2013

Sekilas tentang burung jalak kebo


Ingin memelihara burung yang murah tapi cerewet dan rajin berkicau burung apa ya
mungkin ada pertanyaan seperti itu bagi penggemar burung baru. kalo menurut saya ya jelas burung jalak kebo atau biasa disebut jalak hitam,jalak penyu.
Saya akan mengulas sedikit tentang burung jalak kebo.

Seputar burung jalak kebo
Burung jalak kebo mempunyai tubuh yang lurus dengan panjang sekitar 25 cm, memiliki bulu yang berwarna hitam ada putihnya dibagian bawah dan diujung ekor. memiliki kaki yang panjang dan berwarna kuning, parung panjang dan kuning meruncing. jika sudah dewasa akan tumbuh jambul dikepalanya dan warna hitam ditubuhnya semakin legam. gagah banget postur tubuh burung ini. burung jalak kebo mempunyai suara yang keras,ribut banget dan tak mau kalah dengan burung-burung lain.dia bisa menirukan beberapa suara burung lain, maka cukup banyak penggemar burung ini dengan tujuan sebagai burung master ataupun burung ocehan dirumah. jalak kebo juga bisa menirukan suara manusia termasuk burung paling cerdas diantara burung jalak lainnya. dia bisa dilatih dan mengucapkan kata yang mudah seperti cewek,bapak, cingcau seperti itu.
harga burung ini relatif murah dan stabil yaitu sekitar 100 ribu itu udah rajin bunyi atau yang baru tangkapan hutan sekitar 50an ribu. tapi jangan salah, burung jalak  kebo sangat cepat jinak dan mudah beradaptasi. jadi gak perlu nunggu bertahun-tahun untuk mulai bisa mendengarkan ocehannya bagi burung tangkapan hutan.

Cara perawatan burung jalak kebo
Merawat burung ini sangat mudah karena bernafsu makan besar. makanan utamanya adalah buah-buahan seperti pisang,pepaya dll 
bisa dilatih makan voer bagi burung baru. extra fooding seperti  jangkrik,belalang juga dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan tubuhnya.
Seekor burung apapun itu yang rajin berkicau kunci utamanya harus sehat, yaitu dari rawatan harian seperti pemberian pola makan yang benar,penjemuran yang cukup, mandi.
untuk burung jalak kebo mandi dilakukan dengan semprot atau mandi keramba bagus, biasa juga mandi sendiri jika dalam wadah air minum itu ada air penuh burung ini pasti segera mandi.
butuh cahaya matahari sekurang kurangnya 2 jam perhari agar tetap dalam kondisi prima. 
kandang harian harus sering dibersihkan dari kotoran burung ini agar dia nyaman dan rajin berkicau.
hal-hal diatas seperti pemandian dan  pembersihan kandang sangat mempengaruhi burung dalam proses penjinakkan bagi burung tangkapan hutan. sering-sering dipidah gantangan agar dia mengenal banyak orang dan terbiasa. usahakan taruh ditempat yang ramai lalu lalang orang untuk melatih mentalnya.

Membedakan Jenis kelamin
Burung jalak kebo jantan biasanya memiliki tubuh yang panjang dan lurus sedangkan betina lebih terlihat gemuk dan pendek. susah memang kalo tidak ada pembandingnya. tapi seperti itulah kira-kira perbedaan atara jantan dan betina. burung jalak kebo baik jantan maupun betina tetap rajin berkicau, pokoknya cerewet banget dan perilakunya itu lo yang lucu dia suka jalan jalan dibawah atau loncat kesana kemari sambil ngoceh tiada hentinya.

burung ini memang menyenangkan, harga murah namun rajin berkicau dan suaranya khas banget. jangan ragu lagi untuk miara burung jalak kebo sebagai koleksi dirumah anda

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo