Tuesday, April 16, 2013

Membedakan burung Jalak Hitam jantan dan betina dan perawatnnya


Membedakan burung Jalak Hitam jantan dan betina

Cara yang paling termudah untuk membedakan antara burung Jalak Hitam jantan dengan betina adalah dengan  melihat jambul yang berada diatas paruh.
Jika jambul berdiri permanen dan panjang maka dipastikan burung Jalak Hitam tersebut adalah jantan, namun cara ini masih belum menjadi prioritas utama dalam pemilihan 

burung jalak kebo yang benar-benar jantan.
Ada cara lain yaitu dengan cara melihat kepintaran menirukan suara burung jalak kerbau dari warna lingkaran matanya. Jika berwarna putih ( di jawa barat kerap menyebut dengan jalak emas/kerak omas) maka burung tersebut dianggap lebih pintar menirukan suara burung lain dan bisa diajar bicara dibanding yang lingkar matanya berwarna kuning. tetapi semuanya kembali pada kemampuan kita sebagai trainernya.

Melatih Jalak Hitam

Burung Jalak Hitam yang dipelihara sejak anakan atau masih muda tentunya akan lebih cepat mempunyai kemampuan meniru suara manusia bila dibandingkan dengan memelihara burung Jalak Hitam yang sudah dewasa.
Agar burung Jalak Hitam benar-benar memahami apa maksud pemiliknya maka burung ini harus sering dilatih secara rutin yang tentunya harus disertai dengan tingkat kesabaran yang tinggi.
Anda harus mengetahui terlebih dahulu karakter dari burung Jalak Hitam ini sebelum anda mengajarkan burung untuk mengucapkan kata-kata.
Burung Jalak Hitam hanya mampu mengucapkan sepatah kata dan tidak bisa mengucapkan satu kalimat panjang sebagaimana burung beo.
Jangan pernah memaksakan burung untuk mengucapkan satu kalimat yang panjang karena burung ini memang memiliki keterbatasan penerimaan kosa kata.
Ajari burung untuk mengucapkan satu kata setiap hari secara berulang dan sebaiknya berikan jangkrik sebagai hadiah pada saat burung memperhatikan kita mengucapkan kata.
Setelah itu anda bisa melatih burung untuk mengucapkan kata-kata yang lain.  ada beberapa mitos mengenai bagaimana agar burung jalak kerbau ini bisa pintar berbicara yang tentunya hal tersebut diluar nalar kita tetapi masih banyak yang percaya dengan mitos tersebut ialah:
  • Mengusapkan barang yang dibuat dari emas (cincin) ke lidah si burung.
  • Memotong  ujung lidah burung jalak kerbau yang bercabang.
  • Memandikan burung jalak kerbau pada malam jum’at.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo