Wednesday, April 17, 2013

Jenis jenis burung kacer yang bagus


Burung kacer yang bagus yaitu burung kacer Sumatra atau Poci, Kalimantan, Tasik, Madagaskar dan burung kacer lokal atau Jawa. Burung kacer adalah salah satu burung kicau yang banyak diminati oleh kalangan pecinta burung, karena kicauannya yang kecang dan merdu. Selain itu burung ini juga memiliki jenis fisik yang berbeda-beda tiap daerah, untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Jenis Burung Kacer Sumatera atau Poci :
Burung kacer poci atau burung kacer asal dari Sumatera ini memiliki ciri warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung dan bagian luar ekor, sedangkan untuk warna putih berada pada  dada, perut dan ekor bagian dalam. Burung kacer sumatra ini sangat mudah menirukan kicauan burung disekitar dan sangat cocok dicuaca atau udara panas.

Jenis Burung Kacer Kalimantan :
Burung kacer Kalimantan memiliki ciri yang hampir sama dengan burung kacer poci, namun tetap ada bedanya, yaitu burung kacer Kalimantan memiliki warna hitam yang lebih banyak, mulai dari kepala sampai dada bagian bawah atau hampir sampai ke perut. Kacer Kalimantan memiliki kelemahan ketika berkicau sering menggembung, sehingga ketika diadu burung ini akan mudah lelah, meski tidak semua jenis burung kacer Kalimantan seperti itu.

Jenis Burung Kacer Tasik :
Burung kacer dari Tasik memiliki ciri fisik warna putih terdapat pada pangkal ekor dan warna hitam yang hampir menyeluruh disemua bulunya kecuali sedikit dibagian sayap serta ekor. Untuk burung kacer jenis yang satu ini kurang diminati oleh banyak kalangan pecinta burung kicau yang disebabkan karena memiliki mental yang kurang bagus.

Jenis Burung Kacer Madagaskar Afrika:
Burung kacer Madagaskar atau Copsychus albospecularis ini memiliki tiga jenis yaitu pica, albospecularis dan inexpectatus. Burung jenis yang satu ini memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis burung kacer Sumatera, namun bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Untuk kemampuan berkicau burung dari Afrika ini tidaklah kalah dengan burung kacer yang berasal dari Indonesia.

Jenis Burung Kacer Lokal atau Jawa :
Burung kacer Lokal atau kacer Jawa mempunyai warna yang dominan hitam pada bulu. Hampir Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Kacer jenis ini juga pintar menirukan suara burung berkicau lainnya. Volume suara sedang.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo