Saturday, March 30, 2013

Manfaat lidah buaya untuk burung

Penggunaan lidah buaya (Aloe vera) untuk burung sebenarnya sudah cukup lama dipraktikkan sejumlah penggemar dan penangkar burung di berbagai negara, dan terbukti ampuh mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Meski demikian, sampai sekarang pro dan kontra belum mereda. Mereka yang kontra beralasan, sifat bahan / cairan yang kental pada lidah buaya dikhawatirkan mengganggu saluran pencernaan dan pernafasan burung. Jadi, silakan Anda mencermati artikel ini secara bijak.

Aloe vera
Lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit pada manusia. Atas dasar inilah, beberapakicaumania dan penangkar mulai menerapkannya pada burung.
Uji coba yang pernah diterapkan antara lain penggunaan ekstrak lidah buaya bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan akibat pakan terinfeksi bakteri. Selain itu, bahan ini bisa digunakan sebagai obat luka akibat infeksi maupun luka bakar.
Dalam uji coba lainnya, lidah buaya juga berfungsi sebagai zat antiseptik, sehingga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan akibat luka, misalnya memotong paruh atau kuku burung secara tidak tepat.
Jika digunakan dengan sprayer, lidah buaya juga bisa berfungsi sebagaiconditioner yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur pada bulu dan kulit burung yang terinfeksi. Cairan gel yang memiliki sifat menenangkan ini juga ampuh untuk menyembuhkan burung yang stres, bahkan bisa menambah stamina burung, serta mencegah terjadinya kondisi egg binding dalam kandang penangkaran.
Beberapa bahan aktif yang terkandung dalam tanaman lidah buaya ini adalah:
  • Alion, baralon, natalion, klorofil, emodin, resin, albumin, minyak esensial, gum arabic, silika, fosfat, kapur, dan besi.
  • Memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B12.
  • Memiliki kandungan mineral seperti kalsium (Ca), khlorida (Cl), chromium (Cr), tembaga (Cu), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), dan seng (Zn).
  • Mengandung 20 asam amino dan 9 enzim yang bermanfaat untuk mengaktifkan seluruh bagian tubuh burung atau metabolisme tubuhnya.

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo