Thursday, March 14, 2013

Mandi malam pada burung dapat menstabilkan birahi

Burung Kacer merupakan burung dengan tipikal fighter. Menurut Taufik, apabila tidak mengetahui birahi sang gaco sedang memuncak atau tidak. Hal yang sering tak terduga adalah mbedes saat perform. Hal inilah yang sering dirisaukan kacermania. Berdasar pengalamannya, dengan memandikan kacer pada malam hari. Mampu meredam over birahi sang burung.

Masih menurutnya, waktu yang tepat untuk mandi malam adalah sekitar pukul 19.00-21.00 WIB. Karena temperatur sekitar pukul tujuh hingga sembilan malam tak terlalu dingin ataupun gerah. “Kalau birahinya tidak terlalu over, paling tepat jam segitu. Tapi kalau sudah melebihi batas bisa dimandikan diatas jam 10 malam,” katanya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, lamanya waktu pemandian malam hari. Tidak perlu lama-lama untuk memandikan kacer yang sedang over birahi. Cukup dengan waktu 15 menit atau terlihat sampai basah. Pasalnya, apabila terlalu lama sang burung bisa kedinginan. Bahkan hal yang paling ditakutkan adalah sang burung makin ngedrop.
Setelah selesai dimandikan, sang burung cukup diangin-anginkan selama 15 menit. Dan jangan lupa exfood berupa jangkrik diberikan sebanyak enam ekor, lalu dikerodong. “Kalau ingin kondisi burung tetap stabil, mandi malam wajib dilakukan tiap hari,” terang Taufik.

Selain cara tersebut, faktor pendukung lainnya bisa dengan pemberian air mineral khusus yang diciptakan untuk burung. Seperti yang dilakukannya, Opek panggilan akrabnya memberikan air mineral burung produk dari BnR. Sejak menggunakan AMB selama dua pekan, perubahan drastis terlihat pada kacernya. Yaitu stamina stabil, suara tembus, dan perilaku mbedesi nyaris hilang sejak menggunakan AMB setiap hari. 

Sumber :
Tabloidbnr.com

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo