Monday, March 4, 2013

Cara membedakan jantan/betina burung lovebird

Membedakan jenis kelamin burung yang satu ini agak lumayan sulit jika di bandingkan dengan burung burung lain pada umumnya, terlebih lagi sifatnya yang dimiliki burung ini yang suka bercanda dengan sesama jenis akan menjadikan lebih susah diidentifikasi antara jantan dan betinanya, namun dari beberapa pengalaman ada beberapa trik yang dapat digunaan untuk membedakan kelamin dari burung ini

Diraba : Untuk menentukan jenis kelamin lovebird ada yang mengatakan cukup diraba pada bagian supit udangnya apabila rapat maka dipastikan berjenis kelamin jantan, namun apabila renggang sudah pasti betina. 

Postur tubuh : Namun ada pendapat lain bahwa ukurang tubuh bisa juga dijadikan patokan terutama apabila love bird itu sudah dewasa. Yang jantan terlihat bodinya lebih besar dibandingkan dengan lovebird betina dewasa. 

Sistem Koloni : Untuk lebih memudahkan mengetahui jenis kelamin lovebird, beberapa penangkar biasanya menaruh beberapa ekor di dalam kandang polier atau kandang besar kemudian biarkan mereka mencari jodohnya sendiri. Apabila terlihat ada lovebird yang sering berduaan (berpasangan) maka bisa dipastikan bahwa itu sejodoh. Kemudian lovebird tesebut diambil untuk dikawinkan dikandang sendiri. 

Saring Pendapat : Untuk lebih memudahkan dalam membeli lovebird Anda dapat mendatangi beberapa breeder atau penangkar lovebird yang kini sudah banyak jumlahnya.



0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo