Thursday, January 31, 2013

Makanan yang harus diberikan saat kenari mabung

Saat burung kenari mabung adalah hal wajar bagi burung dan terjadi setidaknya beberapa kali dalam setahun dan pekerjaan kita pun menjadi bertambah,, membersihkan kandang dari bulu bulu yang berserakan didasar kandangnya. tetapi apa boleh bisa dikata, proses mabung adalah proses alamiah burung dalam merenovasi dirinya. Untuk kenari proses pergantian bulu adalah proses dimana mereka harus merontokan bulu lama dan kemudian menumbuhkan bulu baru, proses ini bisa memakan waktu sekitar 1-2 bulan untuk tumbuhnya bulu baru. untuk kenari dewasa proses mabung biasanya dimulai dengan bulu sayap lalu menyebar ke kedua sisi dari tubuhnya dan selesai pada bagian leher dan kepala. setidaknya sekitar 2000 bulu hilang dan akan tumbuh kembali sewaktu proses ini berlangsung.

Lalu bagaimana jika kita ingin mempercepat proses pergantian bulu pada kenari kita? Jawaban yang paling cepat dan akurat adalah 'Makanan bergizi'. Makanan yang bergizi tinggi sangat diperlukan untuk mempromosikan pertumbuhan bulu bari dari tubuh kenari yang sedang mengalami proses mabung tersebut.

Bulu burung terdiri dan terbuat dari portein utama, protein protein ini terdiri dari 21 jenis protein berbeda yang mengandung asam amino . dan 2 yang paling penting dalam asam amino ini adalah lysine dan Methionine sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu baru. kedua unsur asam ini cenderung lebih cepat habis didalam tubuh kenari yang sedang mengalami pergantian bulu atau mabung. oleh karena itu burung kenari membutuhkan banyak asam amino yang penting. Sejumlah besar energi yang terkandung dalam karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral juga dibutuhkan burung untuk mempercepat tumbuhnya bulu baru dan mengembalikan kondisi mereka seperti sedia kala. dan dengan menyediakan nutrisi yang tepat burung mampu merontokan dan mengganti bulu lebih cepat. selain itu bulu baru akan menjadi lebih kuat.

Berikut adalah daftar daftar makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kenari yang sedang mengalami masa mabung:
  1. BIJI BIJIAN BERKECAMBAH
    Biji bijian yang terlebih dahulu direndam dengan air agar tumbuh kecambahnya. 
  2. BEE POLLEN
    Bee Pollen Salah satu sumber protein yang paling lengkap, Bee Pollen berasal dari kata Bee (lebah) dan Pollen (serbuk sari bunga jantan), jadi Bee Pollen berarti Serbuk Sari Bunga Jantan yang diambil oleh lebah dan digunakan sebagai makanan pokok dari seluruh koloni lebah madu. Istilah yang sering digunakan oleh para peternak untuk Bee Pollen adalah “Roti Lebah”. Proses pengambilan Bee Pollen itu sendiri sangat sederhana. Sewaktu lebah menghisap nektar (bakal madu) dari bunga, serbuk sari bersama nektar dan liur lebah terkumpul kemudian disimpan pada kantung pollen yang terdapat pada kakinya
  3. TELUR REBUS
    Telur rebus adalah sumber protein yang baik, rebus telur hingga matang lalu berikan setelah kondisi telurnya dingin. hati hati jangan memberikan telur rebus yang masih panas atau hangat.
  4. SAYUR SAYURAN
    Sayur sayuran yang diutamakan adalah sayuran yang berwarna hijau gelap karena sayuran yang demikian ini mengandung protein lebih tinggi dari yang selama ini anda pikirkan.
  5. GRIT YANG MENGANDUNG MINERAL
    Grit adalah sebuah sumber mineral yang sepenuhnya dicerna dalam lambung burung untuk kebutuhan kalsium dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu.
  6. KULIT TIRAM
    adalah sumber utama dari kalsium dan yodium
  7. TULANG SOTONG
    banyak mengandung kalsium dan mineral
  8. SPIRULINA
    tumbuhan mikroganggang yang hidup sejak 3,6 milyar tahun yang lalu, merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap bila dibandingkan dengan sumber nutrisi lain yang pernah ada.
  9. BIRDMOLT ( BMT )
    BirdMolt/BMT terdiri dari multi vitamin dan multi mineral cair yang dilengkapi dengan suplemen lain yang lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang diracik khusus untuk mendorong pelepasan bulu lama dengan cara menumbuhkan bulu baru, mencegah bulu baru pecah-pecah, kusam dan tumbuh tidak rata.
  10. VITAMIN
    Vitamin tambahan untuk mendukung kesehatan ,pertumbuhan dan mengembalikan kondisi burung setelah masa mabung, 
Cara lain untuk membantu burung kenari melewati proses mabungnya adalah meberinya latihan dan mandi, dengan menyediakan sangkar yang luas dengan jumlah tangkringan yg berjauhan agar burung bisa terbang dengan leluasa serta Mandi setiap hari juga membantu mendorong bulu bulu tua agar cepat rontok dan mempercepat tumbuhnya akar bulu, akar bulu ini akan menyebarkan minyak ke bulu keseluruhan yang bisa menyehatkan bulu dan sekaligus membuatnya berkilau.

Tentunya proses dan perawatan mabung untuk setiap jenis burung akan berbeda beda, akan tetapi dengan pemberian makanan yang tepat dan bernutrisi tinggi seperti yang telah saya sebutkan diatas, setidaknya bisa mempercepat proses pertumbuhan bulu dimasa pergantian bulu. dan dalam waktu yang tidak terlalu lama burung kenari akan bisa bernyanyi dan menghibur tuannya dengan riang.



 http://www.agrobur.com/2012/10/kenari-mabung-apa-saja-makanan-yang.html

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Dunia Burung
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo